Pengganti Kantong Plastik

Sejak ditemukan pada tahun 70-an, kantung plastik begitu populer digunakan masyarakat sebagai wadah/bungkus untuk produk yang dibeli. Harga yang relatif terjangkau, tersedia dalam berbagai warna, tahan air dan ringan. Kantung plastik dipilih menjadi solusi packing yang digunakan di berbagai pusat perbelanjaan. 

Lambat laun, kini penggunaan kantung plastik dinilai tidak lagi ramah lingkungan. Mulai muncul berbagai dampak yang dirasa merugikan, baik di lingkungan ataupun tempat pembuangan sampah. Bahkan saat ini Indonesia dilansir sebagai salah satu negara terbesar nomor #2 sebagai penghasil sampah plastik.

Menindaklanjuti fenomena ini, beberapa kota di Indonesia mulai mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantung plastik. Beberapa daerah yang sudah mulai mengambil kebijakan pengurangan bahkan larangan penggunaan kantong plastik di pertokoan dan pusat perbelanjaan. 

Kota Balikpapan dalam kebijakannya per 01 Juli 2018, telah lebih dulu memberlakukan kebijakan tersebut. Kini tiap pusat perbelanjaan yang ada di Balikpapan, wajib menyediakan alternatif pengganti kantong plastik (kantong yang bisa digunakan lebih dari satu kali penggunaan). Apabila ada pelanggaran, maka akan diberikan sanksi tegas hingga pencabutan ijin usaha sebagai konsekuensi pelanggaran terhadap kebijakan perda yang ada. Kota Bogor pun memberlakukan hal serupa, per 01 Desember 2018 mulai efektif pemberlakuan perda sampah plastik. Sementara itu, sebagian wilayah Bali juga telah mengawali kebijakan bebas plastik awal tahun 2019, setelah sebelumnya melakukan sosialisasi penggunaan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan. 

Bukan hal yang mudah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program melek sampah dan mulai beralih menggunakan bahan lain sebagai pengganti kantong plastik. Mengingat kantong plastik sudah sangat melekat dan begitu masif penggunaannya dalam masyarakat sebagai solusi kemasan paling ekonomis. Sebenarnya banyak bahan re-useable yang mulai bisa dimanfaatkan. Salah satu material yang ramah lingkungan sebagai pengganti kantung plastik adalah spunbond. Spunbond memang belum cukup familiar penggunaannya dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya para pedagang, namun beberapa bulan terakhir, tas berbahan spunbond ini mulai popular penggunaannya di pasaran, sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.

Kain jenis ini merupakan kain yang terbuat dari bahan polypropylene. Kain spunbond merupakan alternatif material yang memiliki bahan ramah lingkungan, serta tidak berbahaya bagi lingkungan. Teksturnya yang kuat, sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat goodie-bag, atau tas belanja yang dapat digunakan berulang-kali. Dibeberapa Negara maju plastik sudah mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke penggunaan tas berbahan spunbond. 

Di Indonesia, penggunaan spunbond belum menyeluruh, masih banyak masyarakat yang belum mengenal material ini sebagai alternatif pengganti kantong plastik sekali pakai. Namun beberapa perusahaan dan beberapa pusat perbelanjaan sudah mempercayakan kebutuhan kemasan goodie-bag kepada Galeritasspunbond.com untuk menyuplai tas ecobag sebagai alternatif pengganti kantong plastik sekali pakai. Banyak keunggulan yang dimiliki tas spunbond, selain itu peluang bisnis menggeluti usaha spunbond mengalami perkembangan dan memiliki pertimbangan bisnis yang menggiurkan dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Hal ini terbukti makin banyak masyarakat yang meminati untuk pembuatan tas goodie-bag dengan desain custom yang diinginkan customer.


Memiliki banyak pilihan warna, desain dan ukuran, tas spunbond cocok digunakan sebagai alternatif pengganti kantung plastik yang multifungsi dan lebih tahan lama (bisa digunakan berkali-kali). Dengan beralih menggunakan tas spunbond, otomatis anda turut serta berperan aktif dalam usaha menjaga pelestarian lingkungan. 

Beberapa diantaranya model tas spunbond yang paling banyak diminati adalah :

HSC ( DIE CUTTING )

Tas Die Cutting atau yang biasa dikenal dengan nama HSC (Heat Seal Cutting ) adalah tas berbahan spunbond yang diproduksi menggunakan mesin heatseal dengan handle model cutting atau plong tengah . 

Model tas yang hanya memiliki dimensi ukuran tinggi x lebar dapat digunakan sebagai tempat dokumen, undangan, souvenir maupun sebagai sarana promosi dan branding usaha anda. 

Tersedia dalam beberapa ukuran :

  • 25 x 20 cm
  • 35 x 17 cm
  • 35 x 24 cm
  • 42 x 30 cm

      Juga tersedia dalam berbagai varian warna diantaranya 

      OV, MN, NN, FN, KH, GR, DY, BY, DO, BR, MG, PB, DP, PW, LI, MR, DB, BK. 

  1. HSH ( HEATSEAL HANDLE BAG )

Merupakan tas berbahan spunbond yang memiliki bentuk serupa dengan kantong plastik, dimana pada bagian bawah press tapi memiliki ketebalan pada bagian samping sehingga cukup kuat apabila digunakan untuk membawa barang dengan jumlah cukup banyak serta memiliki dimensi lebar.

Dengan dimensi yang ada, tas jenis HSH ini cocok apabila digunakan sebagai packaging, tempat dokumen, tempat souvenir, maupun media promosi untuk memperkenalkan usaha anda. Bentuknya yang menyerupai kantong plastik dapat disesuaikan untuk alternatif pengguna kantong plastic keunggulan lainnya adalah tas berbahan dasar spunbond merupakan tas ramah lingkungan yang dapat digunakan berkali kali.

Untuk ukuran yang tersedia pun juga bervariasi diantaranya ;

  • H x W x D : 30 x 22 x 08
  • H x W x D : 25 x 20 x 08
  • H x W x D : 39 x 25 x 08
  • H x W x D : 40 x 29 x 08
  • H x W x D : 45 x 35 x 08

 

Tersedia juga dalam banyak pilihan warna yang bisa anda pilih , 

OV, MN, NN, FN, KH, GR, DY, BY, DO, BR, MG, PB, DP, PW, LI, MR, DB, BK.

 

Apabila saat ini anda tengah menggeluti usaha Plastik atau memiliki Toko Plastik Anda bisa segera menghubungi kontak yang tertera pada halaman website untuk mendapatkan penawaran menarik dan package yang tersedia. Jangan tunda untuk melakukan order,  Team Support kami akan dengan senang hati membatu memenuhi kebutuhan Anda. 

 

WhatsApp chat