Pilihan Printing Tas Spunbond Nonwoven yang Umum di Pasaran

Hingga saat ini, ada berbagai macam pilihan printing tas spunbond nonwoven yang ada di pasaran. Tentu saja, tiap produsen tas spunbond memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan produk tas spunbond yang diinginkan. Pada intinya, tas nonwoven menggunakan proses printing yang seringkali disebut dengan nama ‘silk screen’. 

Kebanyakan produksi tas spunbond memang di-print karena simpel dan praktis. Namun, karena bau printing dan warnanya mudah pudar, kini ada metode printing nonwoven baru yang diterapkan untuk mendapatkan hasil lebih optimal, stylish, dan tahan lama. Dan berikut adalah beberapa pilihan printing tas spunbond nonwoven yang umum ditemukan di pasaran.

Watermark Printing

Media printing untuk pilihan tas spunbond ini adalah secara elastomer water-based. Ketika produk di-print, ini akan dikombinasi dengan color-paste dan lem water-based. Cara ini dapat membersihkan gambar tanpa pelarut kimia, alih-alih dapat menggunakan cleaning water. Pilihan printing tas spunbond dengan metode watermark printing ini memiliki kemampuan mewarnai yang baik dengan covering yang kuat, tahan luntur, dapat dicuci, dan pada dasarnya tidak berbau. Metode ini juga dianggap simple jadi banyak diterapkan.

Thermal Transfer Printing

Pilihan printing tas spunbond ini dianggap sebagai special printing. Kenapa? Karena metode ini memerlukan media perantara. Caranya, grafik pertama dicetak pada thermal transfer film atau thermal transfer paper, dan kemudian melalui perangkat transfer memanaskan pola yang ditransfer pada kain nonwoven. Dapat dikatakan jika metode ini memerlukan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil optimal.

Media yang umum digunakan dalam printing tekstil adalah thermal transfer film. Keuntungan dengan memilih metode printing tas spunbond dengan cara ini adalah hasil cetak yang optimal dan kaya akan hierarki sehingga cocok digunakan untuk printing pada area gambar yang kecil. Namun, ada juga kerugian menggunakan metode ini, yaitu dengan berjalannya waktu, cetakannya akan pudar dan cara ini dianggap memiliki cost yang mahal.

Gravure Printing

Produk jadi yang diproses dengan pilihan printing tas spunbond ini biasanya disebut juga dengan tas laminated nonwoven. Proses ini dibagi menjadi dua langkah. Pertama menggunakan proses printing gravure tradisional yang akan mencetak pada film. Langkah selanjutnya adalah menggunakan proses coating yang akan mencetak pada pola komposit film pada bahan nonwoven. 

Printing tas spunbond nonwoven secara umum menggunakan proses ini karena menggunakan printing pola dengan skala besar. Ada banyak alasan untuk itu, misalnya karakteristiknya dicetak dengan indah, penggunaan secara penuh dengan produksi mesin, juga hanya perlu waktu produksi yang singkat. Ditambah lagi, produksi ini memiliki kinerja waterproof yang hebat, daya tahan produk pun menjadi lebih baik dibandingkan dengan tas nonwoven lain.

Tidak heran jika metode ini cukup populer untuk produksi tas karena menawarkan kepraktisan dan hasil yang lebih optimal mengingat produsen bisa dengan mudah mengaplikasikannya pada tas yang akan diproduksi. Pilihan printing tas spunbond dengan metode ini pun banyak dipilih oleh produsen tas.Ini disebabkan karena produk yang dihasilkan lebih stylish, tahan lama, full color, serta memiliki pola yang realisitis sehingga enak dilihat. Namun begitu, ada satu kekurangan dari metode ini yaitu harganya yang dianggap lebih mahal dibandingkan dengan metode printing lainnya. Tentu saja, semua produsen tas memiliki cara sendiri untuk mendapatkan produk yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki, serta target konsumen yang dibidik.

WhatsApp chat