Pemerintah Daerah di Beberapa Kota Di Indonesia Ini Larang Penggunaan Kantong Platstik!

Menempati posisi kedua dalam daftar penyumbang sampah plastik terbesar di dunia, pemerintah daerah di bebrapa kota di Indonesia ini mengambil langkah tegas untuk perangi sampah plastik di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan parturan daerah berupa larangan penggunaan kantong plastik, guna mengurangi sampah plastik. Mari kita lihat, kota mana saja yang sudah memulai langkah ini!
-BANJARMASIN
Kota di Kalimantan Selatan ini sudah memberlakukan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik sejak tahun 2016. Masyarakat diharuskan untuk membawa kantong belanjaan sendiri setiap kali berbelanja. Peraturan daerah ini berhasil mengurangi kurang lebih 54 juta lembar kantong plastik.
-BALIKPAPAN
Satu lagi kota di Kalimantan yang mengeluarkan Peraturan Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik! Peraturan Wali Kota (PERWALI) ini berlaku sejak Juni 2018 lalu. Sampai saat ini, sudah ada 70 sampai 80 retail modern yang wajib mengukuti peraturan tersebut. Kota Balikpapan sudah bisa membantu mengurangi sampah plastik hingga 90 ribu lembar setiap bulannya.
-BOGOR
Baru-baru ini pemerintah kota Bogor tepatnya pada tanggal 1 Desember 2018 mengeluarkan peraturan daerah Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik khususnya di pusat pembelanjaan modern seperti mal, pasar swalayan, dan minimarket.
-DENPASAR
Awal tahun ini, kota Denpasar mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan pusat perbelanjaan. Walau sesungguhnya gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik di Bali sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu, namun pengesahan undang-undang tersebut baru dijalankan pada awal tahun 2019 ini.

Itulah kota-kota di Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik di negara kita. Jika Anda belum ikut berpartisipasi dalam memerangi sampah plastik, Anda bisa mulai dari kehidupan sehari-hari. Dukung pengurangan pemakaian plastik dengan membawa kantong belanja sendiri! Mudah kok!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat