APA SIH PERBEDAAN TAS SPUNBOND, LAMINASI DAN WOVEN?

Mari kita mengenal tentang jenis-jenis tas yang ada di galeritasspunbond.com, secara garis besar tas dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Tas Spunbond (non-woven)
  2. Tas Spunbond Laminasi
  3. Tas Woven

TAS SPUNBOND

Sedikit mengenal tentang kain Spunbond. Kain jenis ini merupakan kain sintetis yang terbuat dari bahan polypropylene atau biji plastik dengan serat panjang yang terikat dan tersusun kuat melalui proses kimiawi. Walaupun terbuat dari biji plastik dan melalui proses kimiawi namun kain spunbond merupakan bahan ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Teksturnya yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat goodie bag, atau tas belanja yang dapat digunakan berkali-kali.

Selanjutnya kain akan diproses menggunakan mesin hingga beberapa tahap dan produk akhirnya sebuah tas jadi. Selain itu, dilanjutkan dengan proses finishing sablon ataupun pemasangan aksesoris berupa pita, perekat hingga kancing tas. Selain dengan menggunakan mesin press, ada juga metode pembuatan tas dengan pemrosesan teknik jahit sebagai alternatif untuk ukuran yang tidak bisa dicover dengan menggunakan teknik press..

 

TAS SPUNBOND LAMINASI

Pada dasarnya kain spunbond laminasi sama dengan kain spunbond pada umumnya, hanya saja ada proses tambahan dimana kain dilapisi dengan bahan khusus sehingga menghasilkan tas yang disebut dengan tas laminasi. Keunggulan dari bahan spunbond laminasi adalah tahan air dan full color, karena design grafis yang diaplikasikan pada tas lebih bervariatif, sedangkan pada kain spunbond hanya terbatas dua warna. Dari segi harga tas dengn proses laminasi cenderung lebih mahal dibandingkan tas spunbond.

Selanjutnya kain akan diproses menggunakan mesin atau dengan proses jahit bisa juga ditambahkan aksesoris penunjang, seperti resleting ataupun velcro dengan metode jahit.

 

TAS WOVEN

Walau sama-sama terbuat dari bahan PE, struktur woven berbeda dengan spunbond. Woven terbuat dari anyaman polyester. Secara kasat mata tekstur dan bentuknya mirip seperti karung beras. Tapi dari segi kekuatan bisa dibilang woven lebih kuat dari pada spunbond. Kapasitasnya bisa memuat sekitar 10 kg hingga 100 kg (ukuran khusus)

Dalam prosesnya menjadi sebuah tas, bahan woven bisa dilapisi dengan laminasi sehingga menghasilkan tampilan tas yang lebih menarik dan eye catching, karena kebanyakan woven yang ada hanya memiliki warna putih susu atau transparan. Setelah selesai diproduksi tas bisa digunakan untuk membawa barang barang anda ataupun dimanfaatkan sebagai kemasan untuk media promosi dan menunjang usaha anda berkembang.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat